Kementerian ESDM Dorong Bandara Ngloram Segera Aktif


Kunjungan Kerja menteri BPSDM ke Blora yang membahas tentang Bandara Ngloram (Amrullah Ali Moebin/Radar Blora)

BLORA - Rencana reaktifasi lapangan terbang (lapter) Ngloram milik Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) di Desa Ngloram, Kecamatan Cepu menjadi sebuah bandara terus dimatangkan. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Blora, Selasa (8/8).

Dalam kunjungan kerja bertempat di Gedung Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian ESDM itu, ia bersama Bupati Djoko Nugroho, Wakil Bupati Arief Rohman, Kepala PPSDM ESDM Wahid Hasyim, Kepala Bappeda Sutikno Slamet, Kepala DPUPR Blora Samgautama Karnajaya, Kepala Disrumkimhub Samsul Arief, dan pejabat lainnya membahas reaktifasi Lapter Ngloram.

Baca : Reaktifasi Bandara Ngloram, Kemenhub Akan Kunjungi Blora
              Reaktifasi Bandara Ngloram, Perlu dilakukan Kajian Lagi


Kepada Bupati, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja menanyakan sejauh mana usaha dilakukan mengawal rencana reaktifasi lapter yang ternyata masih memiliki izin prinsip sebagai bandara ini. Dia juga ingin Lapter Ngloram bisa dimanfaatkan bersama-sama sebagai salah satu pendongkrak perekonomian di Blora.
‘’Mari bersama-sama kita dorong pengaktifan Ngloram. Ini bukan bandara baru, namun hanya mengaktifkan yang sempat off. Kebetulan saya mantan Dirjen Migas sehingga memiliki hubungan baik dengan Dirjen lain lintas Kementerian termasuk Dirjen di Kementerian Perhubungan. Sehingga, jika dijalin sinergi yang baik, pasti akan bisa untuk Ngloram,” ucapnya.

Meskipun asetnya milik Kementerian ESDM, menurutnya nanti penggunaannya bisa dikelola Kementerian Perhubungan. Diketahui bersama bahwa Menteri ESDM Ignasius Jonan merupakan mantan Menteri Perhubungan, sehingga akan lebih mudah mendukung reaktifasi Ngloram. ‘’Kalau perlu nanti kita bikin kantor perwakilan di Kemenhub agar bisa mengawal proses Ngloram ini,” lanjutnya.

Menanggapi pernyataan Wiratmaja, Bupati Djoko Nugroho menyampaikan Juni kemarin Pemkab Blora mengikuti rapat di Kementerian Perhubungan dan memperoleh signal positif tentang reaktifasi Ngloram ini.
‘’Kebetulan sekali, tumbu entuk tutup. Bisa dikatakan ini adalah penambahan energi baru bersama-sama mengawal reaktifasi Ngloram. Studi kelayakan sudah dilaksanakan, dan telah disampaikan ke Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub,” jelasnya.
(bj/fud/*/bet/JPR)

link berita : https://radarbojonegoro.jawapos.com/read/2017/08/10/6604/kementerian-esdm-dorong-bandara-ngloram-segera-aktif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar