Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan, Wabup Blora Instruksikan Kades Perbarui Data Kemiskinan

Mas Arief /


MuriaNewsCom, Blora – Penurunan angka kemiskinan menjadi salah satu prioritas utama Pemkab Blora. Hal itu disampaikan Wakl Bupati Blora Arief Rohman saat menghadiri pelaksanaan Musrenbang di beberapa kecamatan yang digelar pekan ini.
“Untuk diketahui, fokus Pemerintah Kabupaten Blora saat ini adalah pengurangan kemiskinan. Kemudian, perhatian lainnya adalah pencegahan dan penanggulangan stunting, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemerataan infrastruktur,” kata Arief.
Menurutnya, angka kemiskinan Kabupaten Blora pada akhir 2018 masih sebesar 11,9 persen. Angka kemiskinan ini sudah menurun cukup banyak dibandingkan data tahun 2017 yang mencapai 13,04 persen.
Dalam rangka menurunkan angka kemiskinan ini, salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah validasi data kemiskinan. Data ini diperlukan sebagai dasar penyusunan kebijakan yang tepat untuk langkah penanggulangannya.
“Kami minta seluruh kades dan lurah untuk bisa membantu update kondisi kemiskinan di masing-masing wilayah. Tahun ini pemkab melalui Dinas Sosial akan melakukan pendataan ulang tentang kemiskinan ini, agar bantuan yang diberikan pemerintah bisa tepat sasaran dan tepat guna,” tegasnya.
Arief menyatakan, pendataan kemiskinan jangan hanya dilakukan satu kali saja. Namun harus terus diupdate atau diperbarui setiap saat. Dengan demikian, kades dan lurah bisa memberikan perubahan angka kemiskinan di wilayahnya, setiap waktu.
Jika data kemiskinan valid, tidak hanya berguna untuk penyaluran bantuan sosial saja. Namun juga berguna untuk merencanakan program pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat sehingga penduduk miskin bisa berkembang perekonomiannya sesuai potensi yang dimiliki.
“Kami sadar masih banyak bantuan yang belum tepat sasaran karena kesalahan data. Sehingga tahun ini akan didata ulang. Sehingga butuh peran aktif kepala desa, lurah dan seluruh perangkatnya untuk menyukseskannya. Tolong didata sesuai kondisi di lapangan, jangan dibuat-buat,” tegasnya.
Editor: Supriyadi
Reporter Dani Agus pada 8 Februari 2019
https://www.murianews.com/amp/2019/02/08/156896/hadiri-musrenbang-tingkat-kecamatan-wabup-blora-istruksikan-kades-perbarui-data-kemiskinan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts