Pastikan Berjalan Lancar, Wabup Intip Ujian Nasional di Dua Sekolah

Mas Arief /
SERIUS: Siswa di SMPN 1 Blora mengerjakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kemarin.(SUBEKAN/RADAR KUDUS)

KOTA – Guna memastikan pelaksanaan ujian nasional (UN) di tingkat SD dan SMP sederajat berjalan lancar, Wakil Bupati Blora Arief Rohman melaksanakan monitoring ke beberapa sekolah. Hasilnya, tak ditemukan kendala di sekolah yang dikunjungi wabup.

Diantaranya di SD Negeri 2 Sendangwungu, Kecamatan Banjarejo dan SMP Negeri 1 Blora. Dalam pemantauannya kemarin, Wakil Bupati berkoordinasi dengan panitia penyelenggara UN dan melihat siswa yang sedang mengerjakan soal dari luar ruangan. Setelah itu, dilanjutkan meninjau kelengkapan sarana prasarana belajar yang ada di sekolah tersebut.

Kepala SDN 2 Sendangwungu, Sukanto menyampaikan, di sekolahnya terdapat 23 siswa kelas VI yang saat ini menempuh Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Total siswa kami ada 150 orang. Yang kelas VI sebanyak 23 orang.

”Khusus SD memang ujiannya masih berbasis kertas, belum seperti SMP yang sudah menggunakan komputer,” terangnya.

Usai melakukan monitoring ke SDN 2 Sendangwungu, wakil bupati dan Plt Kepala Dinas Pendidikan Blora Sugiyono melanjutkan monitoring ke SMP Negeri 1 Blora. Wakil bupati sempat diajak berkeliling melihat fasilitas sekolah dan dilanjutkan meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

”Jumlah siswa kami di kelas IX sebanyak 320 orang. Sehingga dibagi menjadi tiga sesi ujian setiap harinya per mata pelajaran. Pasalnya jumlah komputer yang dimiliki sekolah masih terbatas. Namun demikian, secara umum UNBK bisa berjalan lancar,” ucap Mas Sugiarto.

Menurut Mas Sugiarto, untuk mengantisipasi gangguan listrik selama UNBK berlangsung, pihaknya juga menyewa genset selama pelaksanaan ujian yang ditempatkan di sekolah. ”Genset ini untuk jaga jaga saja. Kalau tiba tiba ada gangguan listrik dari PLN. Maka genset akan difungsikan. Tapi alhamdulillah sampai sekarang berjalan lancar. Dalam satu hari, tiga sesi ujian berlangsung hingga pukul 16.00,” lanjutnya.

Mendengar penjelasan Kepala SDN 2 Sendangwungu dan Kepala SMP N 1 Blora, Wakil Bupati meminta agar Dinas Pendidikan terus melakukan pemantauan hingga hari terakhir ujian, agar semua bisa berjalan lancar.

”Dari dua sekolah yang saya kunjungi memang semuanya berjalan lancar dan belum terjadi kendala. Namun saya berpesan kepada OPD terkait agar terus mengawal proses ujian nasional ini agar bisa berjalan lancar,” ucapnya.

(ks/sub/lid/top/JPR)
https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/04/24/133576/pastikan-berjalan-lancar-wabup-intip-ujian-nasional-di-dua-sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Entri yang Diunggulkan

Cek Keruhnya Air PDAM Di Cepu

Berdasarkan laporan masyarakat yang masuk tentang keruhnya air PDAM di wilayah Cepu, Selasa (11/06) saya mengajak Direktur PDAM, Kepal...