PMII Blora Selenggarakan Kuliah Umum


Blora, InfoPublik - Pimpinan Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Muslim Indonesia (PMII) Blora mengadakan kuliah umum dengan tema “Membaca Blora di Tahun 2020” di Kampus STAI Khozinatul Ulum, Senin (1/4/2019).

Kuliah umum yang diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan Konferensi Cabang (Konfercab) ke XIII. Salah satu narasumbernya adalah Wakil Bupati H. Arief Rohman.

Sesuai tema yang diusung, Wakil Bupati menyampaikan beberapa rencana pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun mendatang sesuai Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora 2020.

“Kami sangat mengapresiasi kuliah umum yang dilaksanakan ini, mulai dengan tema membaca Blora di tahun 2020. Secara langsung kaum muda ini ingin tahu apa yang akan dilakukan pemerintah di tahun mendatang. Kami akan sampaikan apa rencana kerja Pemkab di 2020 nanti, ”kata Wakil Bupati.

Menurut Wakil Bupati, Pemkab Blora telah menyetujui beberapa program prioritas dengan tema besar, meningkatkan Iklim Investasi dan Berusaha yang kondusif dengan memanfaatkan potensi daerah, mendukung pemerataan infrastruktur wilayah yang berwawasan lingkungan.

“Dari tema besar itu, kita jabarkan menjadi beberapa program yaitu pengentasan kemiskinan, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan kualitas hidup, peningkatan investasi dan peningkatan, pengaturan infrastruktur yang berwawasan lingkungan, dan peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan,” jelasnya.

Khusus pengentasan kemiskinan, menurut Wakil Bupati, Pemkab Blora telah memetakan desa-desa miskin menjadi prioritas dalam kategori tingkat satu dan tingkat kategori dua.

“Total dari 295 Desa / Kelurahan se Kabupaten Blora, ada 46 desa yang masih masuk zona merah, terbagi dalam 6 desa miskin prioritas satu, 6 desa miskin prioritas kedua dan 34 desa miskin prioritas ketiga. Ini yang akan kita bahas untuk dikroyok dengan berbagai program bersama-sama agar kemiskinan bisa segera turun, ”lanjutnya.

Di sisi lain, pembangunan infrastruktur juga akan menjadi perhatian Pemkab, hanya saja dalam pembangunannya akan dilakukan pengembangan bertahap sesuai kemampuan anggaran, dan skala prioritas.

“Pembangunan jalan terus berlanjut secara bertahap. Selain itu ada proyek besar yang merupakan pembangunan Bandara Ngloram yang merupakan kegiatan nasional, serta pembangunan jembatan Bengawan Solo di Kradenan yang saat ini sedang dibuat DED, ”katanya.

Wakil Bupati berharap para mahasiswa, juga pemuda lain bisa memberikan bantuan guna meningkatkan pembangunan Blora kedepan.

“Kami akan merangkul semua lapisan masyarakat agar pembangunan di Blora bisa berjalan lancar. Saran saran mahasiswa yang membangun tentu sangat bermanfaat bagi Pemkab Blora, ”harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PC PMII Blora, Achmad Syaiful Mujib membuka kesempatan diadakannya kuliah umum sebagai wadah sosialisasi apa yang dimaksud dengan pembangunan paerah, lantas menambah wawasan kebangsaan dalam pembangunan ekonomi tahun 2020, serta membaca Blora dari sudut pandang pemerintahan.

“Dengan adanya kuliah umum ini, diharapkan bisa meningkatkan kepedulian kaum muda terhadap pembangunan daerah,” katanya.

Mengenai peserta kuliah umum berdasarkan penjelasan Achmad Syaiful Mujib, 160 terdiri dari 100 pelajar, 40 pelajar, dan 20 dari organisasi kepemudaan. Diantaranya dari MA Sultan Agung, PC. IMM Blora, Komisariat Sunan Pojok, Muslimat Cab. Blora, Komisariat Bambu runcing, PC. Muslimat NU, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan mahasiswa STAI Khozinatul Ulum.

Selain Wakil Bupati, narasumber lainnya adalah Kapolres Blora yang diwakili Kasat Intelkam AKP Sutamto, SH., Perwakilan Kesbangpol Blora, Iskhak, Ketua PC. NU Cabang Blora Muhammad Fatah dan Ketua KPU Kabupaten Blora Muhammad Hamdun. Tiap narasumber menyampaikan kondisi Blora dari segi lembaga atau organisasinya masing-masing. (MC Kab Blora / Teguh / Eyv)

Selasa, 2 April 2019 | 09:26 WIB | Oleh
MC KAB BLORA
, diterbitkan oleh Eka Yonavilbia

link berita :
http://www.infopublik.id/kategori/nusantara/338884/pmii-blora-selenggarakan-kuliah-umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar