Menhub Ingin Bandara Ngloram Layani Penerbangan Komersial Mulai Oktober 2021

Mas Arief /

Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno meninjau kondisi Bandara Ngloram, Minggu (22/8/2021)


BLORA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap Bandara Ngloram di Cepu, Blora, Jawa Tengah, bisa segera melayani penerbangan untuk maskapai komersial.


Saat ini bandara itu hanya melayani pesawat jet privat.


"Setelah pertemuan antar Pemkab dan beberapa BUMN serta perusahaan swasta yang ada di sekitar bandara, semoga Oktober nanti sudah bisa dibuka penerbangan umum," ucap Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Ngloram, Minggu (22/8/2021).


Nantinya, kata Budi, Bandara Ngloram bakal tersambung dengan layanan kereta api kareta lokasinya yang dekat dengan Stasiun Cepu.


"Ke depan kita juga ingin menggeser Stasiun Cepu ke depan bandara ini agar intermoda transportasinya bisa terwujud mengingat lokasi bandara dekat dengan rel kereta api," katanya.

Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno meninjau kondisi Bandara Ngloram, Minggu (22/8/2021)


Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno meninjau kondisi Bandara Ngloram, Minggu (22/8/2021).


Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno meninjau kondisi Bandara Ngloram, Minggu (22/8/2021)


Budi juga optimistis bandara ini bisa menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.


Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir yang ikut meninjau, memberikan respons positif terhadap keberadaan Bandara Ngloram di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut.


Menurutnya, hadirnya Bandara Ngloram dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat Cepu dan daerah lainnya.


"Karena memang salah satu pemikiran dari tadi para pemerintah daerah di sini, baik Bupati ataupun Wakil Bupati bagaimana Cepu ini pusatnya ekonomi Blora, tentu Blora tetap sebagai pemerintahan dan Cepu sebagai ekonomi," jelasnya.


"Karena itu, BUMN melihat opportunity yang sedang berkembang di sini dan kita kebetulan sudah punya Pertamina di sini, tapi bagaimana kita bisa juga mengembangkan ekonomi yang ada di Cepu," imbuhnya.


Sedangkan Mensesneg Pratikno yang ikut bersama Budi dan Erick, menyoroti adanya penataan beberapa ruangan belum dapat diselesaikan dengan baik.


Namun, secara keseluruhan dia menilai progres pembangunan Bandara Ngloram sudah sesuai target.


"Bandaranya sudah bisa dipakai, tinggal diselesaikan penataannya. Landasan juga sudah baik, sudah saya coba langsung. Terminal konsepnya bagus seperti tegakan jati dan sirkulasi udaranya baik, hemat energi," terangnya.


Pratikno berharap ada pertemuan beberapa pemerintah kabupaten dan perusahaan untuk membahas pembukaan penerbangan.


"Kita ingin ke depan Cepu Blora ini bisa jadi pusat ekonomi dan pendidikan migas," katanya.


Penulis: Kontributor Blora, Aria Rusta Yuli Pradana | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief

link berita: https://regional.kompas.com/read/2021/08/23/053806678/menhub-ingin-bandara-ngloram-layani-penerbangan-komersial-mulai-oktober?page=all#page2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts