Ribuan Buruh Tani Tembakau di Blora Terima BLT Rp 1,2 Juta Per Orang

 

Sejumlah petani buruh tembakau Blora terima BLT DBHCHT di Balai Desa Genjahan, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Selasa (22/11/2022)(KOMPAS.com/ARIA RUSTA YULI PRADANA)


BLORA, KOMPAS.com - Sebanyak 4.345 petani dan buruh tani tembakau di Kabupaten Blora, Jawa Tengah mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sebesar Rp 1,2 juta tiap orangnya.

DBHCHT sendiri dikucurkan oleh pemerintah pusat untuk daerah penghasil tembakau. 

Proses penyaluran BLT untuk untuk para petani dan buruh tani tembakau ini dimulai di Balai Desa Genjahan, Kecamatan Jiken, pada Selasa (22/11/2022).

Bupati Blora, Arief Rohman yang ikut memantau langsung proses penyaluran BLT tersebut berpesan agar para penerima manfaat dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk kegiatan yang produktif.

"Semoga BLT DBHCHT dari pemerintah pusat ini bermanfaat untuk para petani dan buruh tani tembakau, serta buruh pabrik rokok," ucap Arief berdasarkan keterangan tertulisnya kepada wartawan.

Dirinya juga mengatakan BLT yang diterima oleh masyarakat dipastikan tidak ada potongan, seperti yang terjadi pada BLT beberapa waktu lalu.

"Dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi dan kebaikan BBM. Kita pastikan tidak ada potongan. Utuh satu juta dua ratus per keluarga, kita pantau langsung bersama forkopimda," terang dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Blora, Indah Purwaningsih menjelaskan total penerima BLT DBHCHT berjumlah 4.405 penerima.

"Setelah kami lakukan pencocokan data dari Dinas Pertanian dengan data Kemiskinan, telah tervalidasi sebanyak 4405 penerima. Terdiri dari 4.345 petani dan buruh tani tembakau, dan 60 buruh pabrik rokok. Semuanya tersebar di 57 Desa, 12 Kecamatan se-Kabupaten Blora," jelas dia.

Untuk nominal yang diterima, per bulan satu keluarga mendapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu, selama empat bulan berturut-turut.

Sehingga, apabila ditotal dan dirangkap, satu keluarga menerima BLT DBHCHT sebesar Rp 1,2 juta.

Sedangkan untuk proses pencairan dilakukan di seluruh loket layanan Bank Jateng terdekat se Kabupaten Blora, dengan membawa fotokopi KTP dan blangko pemberitahuan penerima BLT DBHCHT hasil verifikasi dan validasi yang sebelumnya sudah dibagikan melalui desa.

"Pencairan dilakukan mulai hari ini hingga Kamis nanti, kita beri alokasi 3 hari. Khusus di Genjahan ini kita datangkan mobil layanan keliling Bank Jateng," ujar dia.

Sementara itu, Saminten, salah satu buruh tani tembakau merasa senang menerima bantuan BLT DBHCHT sebesar Rp 1,2 juta.

"Karena kita ini buruh tani tembakau, ya nanti untuk beli beras. Matur nuwun Pak Bupati sudah hadir menyerahkan bantuan untuk kami," kata dia.

Kompas.com, 22 November 2022, 20:32 WIB

Penulis: Kontributor Blora, Aria Rusta Yuli Pradana | Editor: Ardi Priyatno Utomo

Sumber Berita: https://regional.kompas.com/read/2022/11/22/203241978/ribuan-buruh-tani-tembakau-di-blora-terima-blt-rp-12-juta-per-orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar