Wabup Ingin Blora Menjadi Sentra Kambing

Mas Arief /
Wakil Bupati Blora Arif Rohman saat mengunjungi peternakan kambing milik Mujiyana di Desa Gedongsari, Kecamatan Banjarejo, Blora. FOTO:CHANDRA FEBRIAN/BLORA POS

JATENGPOS.CO.ID. BLORA- Wakil Bupati Blora Arif Rohman menginginkan Kabupaten Blora sebagai setral penghasil kambing. Menurutnya, Letak geografis Kabupaten Blora sangat cocok dijadikan wilayah penghasil kambing dengan hijauan pakan ternak (hpt) yang melimpah.
Dilahan peternakan seluas 3000 meter persegi, keinginan tersebut diungkapkan oleh wabup saat mengunjungi peternakan kambing milik Drs. Mujiyana, M.Pd yang terletak di Desa Gedongsari, Kecamatan Banjarejo, Blora.
“Kalo Sapi kita sudah punya, dan itu sukses kita terapkan, kedepan kambing bisa menyusul,” katanya saat mengunjungi peternakan kambing milik Mujiyana.
Arif kembali mengatakan, dengan fokus terhadap usaha pengembangan dan pembudidayaan kambing, menurutnya dapat merangsang geliat pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Dia menerangkan, sebetulnya apabila setiap Desa memiliki BUMDes yang bergerak di bidang peternakan maka untuk mewujudkan sentra kambing di Kabupaten Blora sangat mungkin tercapai.
“Ini peternakan milik Pak Mujiyana sudah bagus bentuknya, ada pengolahan limbah kencing dan kotoran untuk di olah kembali menjadi pupuk, ini bisa menjadi percontohan,” katanya.
Arif berkata, sejujurnya dirinya ingin menjadikan Blora sebagai setra kambing karena bisnis kambing sangat potensial.
“Kalo Sapi pemasaran kita sudah terbentuk, nanti pelan pelan kita akan wujudkan Blora sebagai sentra kambing,” kata Arif
Sementara itu Mujiyana, saat di tanya apa kendala dalam pengelolaan peternakan, dia Menjawab jika selama ini kendala teknik dalam berternak tidak ada. Hanya saja dirinya masih terkendala masalah pemasaran dengan sekala besar.
“Kalo jumlah sedikit belum ada kendala, tapi jika jumlah besar itu terkendala dengan pemasaran,” katanya. (feb/muz)
sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts