Blora Terima Penghargaan Kabupaten Layak Anak 2018

Mas Arief /
 
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yambise menyerahkan penghargaan KLA kategori pratama kepada Wakil Bupati Blora Arief Rohman di Surabaya, Senin (23/7/2018) malam. (MuriaNewsCom/Dani Agus)


MuriaNewsCom, BloraKeberhasilan Pemkab Blora mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori pratama tahun 2017 berlanjut. Ini seiring keberhasilan Pemkab Blora meraih penghargaan serupa pada tahun 2018 ini.

Penghargaan KLA itu diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yambise kepada Wakil Bupati Blora Arief Rohman di Hall Dyandra Convention Center Surabaya, Senin (23/7/2018) malam. Selain Blora, ada beberapa kabupaten/kota lainnya di Jawa Tengah yang juga mendapatkan penghagaan serupa.
“Kami mewakili Bapak Bupati mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PPPA atas pemberian predikat Kabupaten Layak Anak 2018 tingkat Pratama ini. Semoga ini bisa menjadi pelecut semangat Pemkab Blora untuk terus meningkatkan pembangunan dan pelayanan yang berkelanjutan dengan memperhatikan pemenuhan hak anak. Sehingga anak-anak akan merasa aman dan nyaman tinggal di Blora,” kata Arief, Selasa (24/7/2018).

Menurutnya, Pemkab Blora bisa menerima penghargaan ini karena dinilai telah mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak. Yakni melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.
“Contohnya adalah pembangunan taman kota yang dilengkapi dengan mainan anak dan sarat dengan edukasi seperti Taman Sarbini, Taman Tirtonadi, Taman Mustika hingga Alun-alun saat Car Free Day. Begitu juga di sekolah, ada layanan kesehatan dan perpustakaan umum,” sambungnya.

Selain itu juga minimnya reklame iklan rokok yang terpasang di tempat umum agar tidak mempengaruhi persepsi anak juga jadi penilaian tersendiri. Kemudian, peningkatan pelayanan publik dengan tidak mengabaikan kepentingan anak dan minimnya angka pernikahan dini juga menjadi salah satu indikatornya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Blora Sri Handoko menyatakan, penghargaan Kabupaten Layak Anak 2018 tingkat Pratama kali ini merupakan penghargaan kedua bagi Kabupaten Blora.
“Tahun 2017 lalu Kabupaten Blora pertama kali memperoleh penghargaan ini. Alhamdulillah tahun ini bisa dipertahankan. Semoga tahun depan penghargaan bisa meningkat dari pratama ke tingkat madya,” katanya.

Editor: Supriyadi 
link berita : http://www.murianews.com/2018/07/24/145968/pemkab-blora-sukses-pertahankan-penghargaan-kabupaten-layak-anak-pratama.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts