Baznas Blora Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran dan RTLH



BLORA. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Blora pada hari Kamis (27/9/2018) melakukan penyerahan bantuan sosial kepada korban kebakaran dan rumah tidak layak huni. Penyerahan bantuan dipimpin oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si bersama Ketua BAZNAS Kabupaten Blora KH Ali Muhdlor beserta jajarannya.

Bantuan sosial akibat kebakaran rumah disalurkan kepada korban kebakarn yang ada di Desa Kebonrejo Kecamatan Banjarejo, Desa Kamolan Kecamatan Blora, Kelurahan Wulung Kecamatan Randublatung, dan Desa Mulyorejo Kecamatan Cepu. Sedangkan bantuan untuk bedah rumah RTLH diberikan kepada salah satu warga Dukuh Keruk, Kel/Kec Randublatung.

Di Desa Kebunrejo, bantuan diberikan kepada 2 KK korban kebakaran yang ada di Dukuh Pruntusan, yakni Samijan dan Ladi. Kedua KK ini rumahnya ludes terbakar akibat konsleting listrik pada tanggal 18 September lalu. Masing masing menerima bantuan sebesar Rp 5 juta untuk tambahan rehab rumah.

Turut menyaksikan Camat Banjarejo, perwakilan Dinas Sosial, Kades Kebonrejo dan perwakilan masyarakat sekitar.

Sementara itu, di Desa Kamolan, bantuan diberikan kepada 8 KK korban kebakaran di Dukuh Kadengan yang terjadi pada 9 September lalu dengan rincian 4 KK rusak berat dan 4 KK rusak ringan. Kepada yang rusak berat diberikan bantuan masing masing Rp 5 juta, sedangkan rusak ringan diberikan masing masing Rp 1 juta.

Penyerahan dilakukan Wakil Bupati bersama Ketua BAZNAS Kabupaten Blora di lokasi bekas kebakaran disaksikan Kades Kamolan.

Begitu juga dengan penyerahan bantuan untuk korban kebakaran di Wulung Randublatung dan Mulyorejo Cepu. Di Wulung, bantuan diberikan kepada Tilam yang rumahnya habis terbakar pada 5 Agustus lalu. Sedangkan di Mulyorejo, bantuan diberikan kepada Hadi Suwito yang juga menjadi korban kebakaran yang meluluh lantahkan rumahnya pada 2 September lalu.

Adapun bantuan bedah rumah tidak layak huni (RTLH) diberikan kepada janda sebatang kara, Bu Yahmi warga Dukuh Keruk, Kelurahan Randublatung yang tinggal di rumah reyot hampir roboh. Bantuan senilai Rp 10 juta diharapkan bisa untuk membantu proses perbaikan rumah.

Ketua BAZNAS Kabupaten Blora, KH Ali Muhdlor menyatakan bahwa bantuan untuk korban kebakaran dan RTLH ini disalurkan berdasarkan pengajuan surat bantuan dari Kades, Lurah dan Camat.

“Ada surat kepada BAZNAS sehingga kami tindaklanjuti dengan penyaluran bantuan. Semoga bantuan ini bisa untuk membantu meringankan beban para korban kebakaran dan rehab RTLH, ucapnya.

Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si mewakili Bupati Djoko Nugroho juga mengucapkan ucapan duka atas terjadinya kebakaran di Kebonrejo, Kamolan, Wulung dan Mulyorejo.

“Kami mewakili Pak Bupati, bersama BAZNAS ditugasi untuk menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran dan rehab RTLH. Bantuan ini merupakan zakat dari seluruh PNS se Kabupaten Blora yang telah terkumpul di BAZNAS. Jangan dilihat nilainya, namun ini merupakan wujud kepedulian Pemkab kepada warganya yang sedang kesusahan. Terimakasih juga kepada para donatur lain yang sudah bersama sama menggalang bantuan untuk saudara kita ini. Semoga rumahnya bisa segera dibangun kembali,” ucap Wakil Bupati

Saat penyaluran bantuan, rumah korban kebakaran sudah mulai dibangun secara gotong royong dari beberapa bantuan seperti Dinsos, PMI, Polres, Kodim, Kecamatan dan masyarakat sekitar.

Khusus untuk rehab RTLH milik Bu Yahmi di Dukuh Keruk, Randublatung, Wakil Bupati berpesan agar perbaikannya dikoordinir oleh Camat Randublatung bersama Lurah Randublatung.

“Rehab RTLH Bu Yahmi nanti biar dikoordinir Pak Camat dan Bu Lurah. Bahan bangunannya dari BAZNAS, tenaganya gotong royong bersama nggih,” tegas Wakil Bupati di depan rumah Yahmi.

Turut hadir dalam kegiatan penyerahan bantuan RTLH, perwakilan BAZNAS Blora, Bappeda Blora, Dinsos P3A, Bagian Kesra, Bagian Humas dan Protokol, Camat Randublatung, Lurah Randublatung, dan masyarakat sekitar.(bam/bla)

Link berita :
https://www.apdesinews.com/2018/09/baznas-blora-salurkan-bantuan-untuk.html?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar