Blora Minta Bantuan UGM Kawal Pembangunan Infrastruktur Wilayah Selatan

Mas Arief /


Blora, InfoPublik - Pemkab Blora melakukan pembahasan pembangunan dan diskusi bersama sejumlah Dekan Fakultas  Peternakan dan Dekan Fakultas Kehutanan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Pembahasan dan diskusi itu dilakukan oleh Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si di kampus UGM, Senin (25/6/2019). 

“Pertama, kita bersilahturahmi dan ngopi bareng dengan Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA yang putra asli kelahiran Desa Kebonrejo Kecamatan Banjarejo, Blora. Kita membahas pengembangan potensi peternakan Blora,” ucap Wakil Bupati.

Menurutnya, dalam diskusi hangat tersebut, beberapa potensi peternakan menjadi perhatian bersama. Di antaranya membahas potensi peternakan ayam jowo super, kambing dan sapi.

Kabupaten Blora, sangat potensial dikembangkan sebagai pusat peternakan di Indonesia. Populasi sapi sejumlah 230.000 lebih menempatkan Blora sebagai salah satu kabupaten penghasil sapi terbesar di Jateng.

“Ini harus bisa dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi peternak,” ujarnya.

Usai dari Fakultas Peternakan, Wakil Bupati lanjut bersilahturahmi dengan Dekan Fakultas Kehutanan UGM, Dr. Budiadi, S.Hut., M.Agr.Sc.

Bersama Dekan Fakultas Kehutanan UGM, pihaknya membahas rencana tindak lanjut program-program yang akan dilaksanakan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Getas Ngandong yang dikelola Kampus Lapangan Fakultas Kehutanan UGM di Desa Getas Kecamatan Kradenan dam beberapa desa sekitarnya.

“Kami meminta tolong UGM untuk ikut membantu mengawal pembangunan insfrastruktur jalan Randublatung-Getas (Blora) tembus Banjarejo-Pitu (Ngawi) yang menjadi aspirasi masyarakat Blora Selatan,” jelasnya.

Terlebih, UGM memiliki kampus lapangan di wilayah ini sehingga dengan semakin baiknya infrastruktur, maka akses menuju kampus semakin lancar. “Yang utama, ekonomi masyarakat desa hutan sekitarnya akan berkembang,” katanya.

Menurutnya, UGM akan membantu mengkoordinasikan rencana pembangunan akses jalan antar Kabupaten dan antar Provinsi tersebut dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang juga Ketua Umum Alumni UGM atau KAGAMA.

“Kemudian dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa serta Kementerian PUPR. Semoga rencana ini bisa segera terwujud, mohon doanya,”  ujarnya.

Untuk diketahui, jalan Randublatung-Getas tembus Banjarejo-Pitu merupakan alternatif terdekat akses Kabupaten Blora menuju Kabupaten Ngawi.

Di jalur ini banyak desa-desa hutan yang aksesnya masih sulit. Jika jalan bisa dibangun dari kedua wilayah, maka ekonomi kawasan Blora Selatan ini akan berkembang. Terlebih ada Kampus Lapangan UGM di wilayah ini. (MC Kab. Blora/Teguh/toeb).

link berita :
http://www.infopublik.id/kategori/nusantara/355496/blora-minta-bantuan-ugm-kawal-pembangunan-infrastruktur-wilayah-selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar