Blora Bertekad Jadi Kota Barongan

Mas Arief /

KABUPATEN Blora, Jawa Tengah bertekad menjadi Kota Barongan. Pemkab Blora menggagas pembangunan Tugu Barongan di batas wilayah sebagai bentuk tekad nenjaga seni budaya barongan.

Pemantauan Media Indonesia, Kamis (5/9) seni budaya pementasan barongan telah mengangkat nama Kabupaten Blora hingga ke mancanegara. Seni tari barongan cukup menarik wisatawan asing maupun dalam negeri karena selain mempunyai karakter yang kuat juga sebagai seni tradisional khas daerah ini.

Jika Ponorogo mempunyai seni tradisional reok, Blora mengangkat seni barongan yang sebetulnya sudah cukup mengakar di hati warga di daerah yang 50% wilayahnya adalah hutan, baik itu hutan tanaman industri, hutan rakyat, dan hutan lindung, hampir setiap kegiatan pesta rakyat selalu ditampilkan seni budaya barongan tersebut.

Puncaknya, dalam beberapa kesempatan, seni barongan ditampilkan baik di luar daerah seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), bahkan dibawa ke mancanegara sebagai bentuk kekayaan budaya Indonesia yang berasal dari Kabupaten Blora.

"Kita gagas pembangunan Tugu Barongan Blora di batas wilayah kabupaten, ini sebagai bentuk daerah ini menjaga seni budaya tradisional yang selalu memberikan hiburan kepada rakyat," kata Wakil Bupati Blora Arief Rohman.

Keberadaan tugu barongan itu, lanjut Arief, nantinya akan semakin mempertegas identitas Kabupaten Blora sebagai pusat seni budaya, khususnya barongan yang hingga kini jumlahnya ada ribuan tersebar di masing-masing desa.

"Nanti jika orang menyebut barongan pasti ingat Blora dan sebaliknya," imbuhnya.

Tidak hanya tugu sebagai lambang identitas, ujar Arief, juga akan digelar event Festival Barongan Blora yang bisa dilaksanakan rutin setiap tahun. Ini sebagai bentuk pelestarian dan kompetisi antar seniman guna berlomba menyajikan sajian seni budaya yang lebih baik lagi, sehingga bisa menarik wisatawan untuk datang untuk Dolan Blora.

Seniman Barongan Blora Adi Wibowo mengaku bangga dan sangat mendukung rencana pembangunan Tugu Barongan tersebut, bahkan untuk mewujudkan gagasan itu maka para seniman barong bersedia diajak rembugan untuk membuat gambar desainnya.

"Luar biasa gagasan Pemkab Blora ini, karena kami para seniman barongan sudah lama merindukan adanya monumen atau tugu Barongan Blora," lanjut Adi usai menggelar pementasan seni barongan.

Dalam waktu dekat ini, lanjut Adi, para seniman barong akan digelar workshop Barongan Blora yang diikuti teman-teman seniman (pembarong), guna penyamaan persepsi dan berdiskusi tentang kemajuan seni budaya khas Blora.

Hal yang sama juga diungkapkan Endik Guntaris, seniman barongan dari Ngawen yang juga  pendiri Paguyuban Seni Barongan Samin Edan, ia mengaku senang bisa hadir bersama dalam Pentas Kemerdekaan yang dihadiri Wakil Bupati dan teman-teman seniman lainnya.

"Bersyukur bisa pulang kampung, kumpul bersama seniman lainnya. semoga Barongan Blora semakin kuncara," ujar pria lulusan S2 Unnes Semarang ini. (OL-2)

Penulis: Akhmad Safuan - 05 September 2019, 14:30 WIB

link berita:
https://mediaindonesia.com/read/detail/257541-blora-bertekad-jadi-kota-barongan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Entri yang Diunggulkan

Cek Keruhnya Air PDAM Di Cepu

Berdasarkan laporan masyarakat yang masuk tentang keruhnya air PDAM di wilayah Cepu, Selasa (11/06) saya mengajak Direktur PDAM, Kepal...