ECOS ke VII di Randublatung Motivasi Pelajar Masuk Perguruan Tinggi

Mas Arief /


Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si membuka Grand Opening Expo Campus Of Smaransa (ECOS) yang diselenggarakan di Sasana Sekar Arum, Kelurahan Wulung, Kecamatan Randublatung, Rabu (22/1/2020).

ECOS ke VII digelar oleh mahasiswa alumuni SMAN 1 Randublatung dengan tujuan mengedukasi dan memberi solusi bagi pelajar SMA/sederajat tentang perkulihan.

"Buat adik-adik semua, jangan menyerah. Teruslah berprestasi, tunjukkan semangat kalian sebagai milenial penerus bangsa," kata Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman,M.Si

Kehadiran Wakil Bupati Blora menjadi spesial bagi kalangan pelajar SMA setempat.

Pada sesi talk show, Kepala Dinas Pendidikan, Hendy Purnomo, menyampaikan kiat pada pelajar setempat seperti masuk perguruan tinggi IPDN.

Menurutnya, pada prinsipnya semua siswa bisa melanjutkan pendidikan, meskipun kondisi ekonomi dibawah rata-rata.

"Kita semua memiliki keyakinan dan potensi bakat masing-masing. Apapun yang kita cita-citakan harus kita rebut," ujarnya.

Sekarang ini, lanjutnya, kita hidup di jaman milenial yang difasilitasi teknologi informasi dan komunikasi yang mudah di akses sehingga dapat digunakan sebagai media yang baik.

Sementara itu narsumber lainnya, Umar Syaroni, pada sesi talk show berikutnya menyampaikan bahwa keterbatasan fisik bukan penghalang seseorang menuju sukses.

"Kesuksesan yang saya raih memang tidak mudah dilalui. Berbagai cemooh, bully dan hinaan kerap saya terima," terangnya.

Namun, katanya, bukan menyurutkan semangat.

"Kita harus fokus pada kelebihan kita masing-masing, jangan fokus pada kekurangan sendiri yang justru akan menjadikan kita sebagai seorang insecure," jelasnya.

Sebuah mimpi besar, katanya berawal dari pencapaian yang kecil sekaligus positif mindset yang harus selalu ditanamkan dalam diri sebagai upaya menghadapi ketidakpercayaan diri.

"Mimpi tidak ada batasnya, jangan takut pada zona nyaman, karena anak burung tidak akan terbang jika tidak keluar dari sarangnya," kata dia.

Hal yang sama disampaikan oleh narasumber berikutnya, Krtistiyuana. Menurutnya keterbatasan ekonomi bukan penghambat seseorang melanjutkan sekolah.

"Asal memiliki niat, semangat dan usaha. Inya Allah akan terwujud," katanya.

Dikatakannya, ada tiga prinsip hidup menggapai impian, yakni keinginan tidak akan terwujud jika tidak take action.

Kemudian, harus mengendalikan emosi dan apapun yang terjadi di hidup kita, itu yang terbaik.

Ketua pelaksana ECOS ke VII Aditya Yoga Pratama menyampaikan, pada tahun ini mengambil tema Milenial Penerus Bangsa.

"Kita ingin mengajak kaum milenial mengenal dunia pendidikan perkuliahan dengan cara kekinian," terangnya.

Adapun rangkaian Acara ECOS dimulai tanggal 2 Januari 2020 dengan melakukan roadshow di 16 Sekolah se kabupaten Blora dan Grobogan.

Setelah itu ada Try Out SBM pada 19 Januari 2020 yang berhasil diikuti oleh siswa-siswi SMA yang bertempat di SMAN 1 Randublatung.

Kemudian melakukan Grand Opening sebagai bentuk seremonial pembukaan ECOS VII serta acara puncak yaitu Campus Exhibition yang diselenggarakan di Gedung Sasana Rinengga, Randublatung pada 25-26 Januari 2020 dengan dihelat talkshow serta pameran lebih dari 30 kampus negeri, swasta, maupun kedinasan. (Dinkominfo Kab. Blora).

link berita:
https://www.blorakab.go.id/index.php/public/berita/detail/1581/ecos-ke-vii-di-randublatung-motivasi-pelajar-masuk-perguruan-tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Entri yang Diunggulkan

Cek Keruhnya Air PDAM Di Cepu

Berdasarkan laporan masyarakat yang masuk tentang keruhnya air PDAM di wilayah Cepu, Selasa (11/06) saya mengajak Direktur PDAM, Kepal...