Tasyakuran Hari Jadi Blora ke - 273, Arief Rohman Beber Rencana Pembangunan di Cepu

 

 
Ki Dalang Sigid Ariyanto beratraksi saat gelaran wayang kulit dalam rangka tasyakuran peringatan Hari Jadi Blora ke - 273 pada Selasa (20/12/2022) malam di lapangan Tuk Buntung Kecamatan Cepu, Blora

TRIBUNMURIA.COM, BLORA – Gelaran wayang kulit dalam rangka tasyakuran peringatan Hari Jadi Blora ke - 273 di lapangan Tuk Buntung Kecamatan Cepu berlangsung meriah pada Selasa (20/12/2022) malam.

Bupati Blora Arief Rohman bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati dan jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Camat, hingga kepala desa tampak hadir di tengah ribuan warga yang memadati Lapangan Tuk Buntung Cepu. Malam tasyakuran diawali dengan pelantikan Dewan Kebudayaan Daerah (DKD) Kabupaten Blora oleh Bupati, yang diketuai Dalhar Muhammadun.

Selain itu juga dilakukan potong tumpeng oleh Bupati Arief Rohman didampingi Forkopimda, jajaran ExxonMobil (EMCL), Pertamina, SKK Migas, hingga Ademos Indonesia. Arief Rohman mengungkapkan rasa senang dan bahagia bisa melaksanakan malam tasyakuran dengan hiburan wayang kulit di Kecamatan Cepu.

"Kami ucapkan terima kasih kepada ExxonMobil, Pertamina, SKK Migas, Ademos Indonesia dan pihak lainnya yang telah membantu terselenggaranya malam tasyakuran dengan hiburan wayang kulit ini," ucap Arief Rohman.

Dikatakannya, mulai tahun ini dan selanjutnya tasyakuran Hari Jadi Kabupaten Blora, tidak hanya di Blora Kota saja namun juga di Cepu yang merupakan pusat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Blora.

"Resepsi Hari Jadi ke 273 sudah pekan lalu di Blora, kini malam tasyakuran kita gelar di Tuk Buntung Cepu. Hiburan lainnya juga kita bagi di beberapa kecamatan lain agar tidak hanya terpusat di Blora," ungkap Bupati.

Arief Rohman juga membeberkan rencana pembangunan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Cepu tahun 2023. Di antaranya rencana pembangunan embung dan normalisasi sungai untuk pencegahan banjir. Kemudian penataan stasiun Cepu, hingga rehabilitasi Terminal Cepu.

"InshaAllah bulan Januari 2023 nanti penerbangan di Bandara Ngloram juga akan dibuka kembali. Mohon doanya. Kami berharap Cepu bisa tumbuh menjadi pusat ekonomi Kabupaten Blora," terang Arief Rohman.

"Taman Budaya Cepu juga sedang kita rancang. Nantinya akan ada Pendopo Bupati, Masjid Agung, hingga pusat kesenian di Cepu," tambah Arief Rohman.

Ditambahkannya, pembangunan infrastruktur di Kabupaten Blora juga akan dilanjutkan pada 2023. Saat ini akses Medalem hingga Cepu sudah selesai dibangun. Namun masih ada ruas jalan provinsi yang masih rusak dan akan diajukan ke Pemprov Jateng. Randublatung - Getas juga sedang diupayakan agar dapat bantuan dari pusat.

"Mohon doanya dari seluruh warga masyarakat Blora. Semoga pembangunan bisa kita lanjutkan bersama. Sesarengan mBangun Blora Berkelanjutan," pungkas Arief Rohman.

Sementara itu, Ichwan Arifin, perwakilan ExxonMobil mengapresiasi terselenggaranya malam tasyakuran di Kecamatan Cepu. Pihaknya senang bisa ikut berkontribusi dalam rangkaian Hari Jadi ke 273 Kabupaten Blora.

"Maturnuwun Pak Bupati, Bu Wakil Bupati, kita sudah diajak untuk kolaborasi memberikan hiburan untuk masyarakatnya Blora yang ada di Cepu dan sekitarnya. Kami akui kepemimpinan Pak Bupati dan Bu Wakil Bupati ini luar biasa," ungkap Ichwan Arifin.

Bahkan di era kepemimpinan sekarang ini Blora mulai tahun 2023 nanti dapat DBH Migas Blok Cepu Rp 160 miliar.

"Ini berkat perjuangan panjang beliau menemui banyak tokoh. Semoga bermanfaat untuk keberlanjutan pembangunan Kabupaten Blora," ujar Ichwan Arifin.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan tokoh wayang oleh Bupati kepada Ki Dalang Sigid Ariyanto dan dilanjutkan pentas dengan lakon Wahyu Kamulyan Sejati. Begitu gamelan dimainkan, Bupati langsung mempersilahkan masyarakat umum duduk lesehan nonton wayang kulit bersama di depan panggung utama.

Masyarakat pun langsung memadati lokasi acara, terlebih saat dagelan Jo Klithik - Jo Kluthuk naik panggung bersama Jolang, dan Apri - Mimin. Bahkan Bupati dan Wakil Bupati Blora ikut naik panggung menyapa masyarakat hingga bermain peran bersama para dagelan.

Suyono, salah satu penonton dari Kedungtuban, merasa senang bisa ikut malam tasyakuran nonton wayang kulit Ki Dalang Sigid.

"Maturnuwun Pak Bupati sudah lama saya ngefans dengan Dalang Sigid, akhirnya setelah dua tahun pandemi kini bisa nonton langsung dalam rangka Hari Jadi ke 273 Kabupaten Blora," kata Suyono.

" Tidak hanya tontonan tapi juga tuntunan untuk kita semua. Saya lihat para PKL juga laris, syukur alhamdulillah. Semoga Blora semakin maju, dengan tidak meninggalkan budayanya," ucap Suyono. (kim)

Penulis: Ahmad Mustakim | Editor: Muhammad Olies
link berita: https://muria.tribunnews.com/2022/12/21/tasyakuran-hari-jadi-blora-ke-273-arief-rohman-beber-rencana-pembangunan-di-cepu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar