Blusukan Di Kandang Sapi Milik KUD Tani Jaya Banjarejo

Mas Arief /

Kandang penggemukan sapi milik KUD Tani Jaya Banjarejo


KUD Tani Jaya Banjarejo di Desa Mojowetan menjadi salah satu KUD yang masih eksis dan terus berkembang baik hingga saat ini.

Ketika KUD lain mati suri bahkan bangkrut, KUD Tani Jaya ini berani membuka usaha baru berupa penggemukan sapi yang dibina langsung oleh Fakultas Peternakan UGM yang dipimpin Dekannya Prof. Dr. Ali Agus putra asli Desa Kebonrejo, Kecamatan Banjarejo.

Hasilnya bagus, bisa memproduksi pakan (konsentrat) sendiri, setiap 3 bulan panen, bisa memperkerjakan 20 karyawan di kandang sapi, bahkan tertarik untuk membuka usaha penjualan daging sapi. Asetnya kini hampir Rp 10 miliar.

Senin (10/02/20) kemarin kita bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta perwakilan Dindagkop UKM meninjau langsung KUD Tani Jaya ini. Kita ingin KUD ini bisa menjadi percontohan desa-desa lain yang memiliki potensi sapi, bisa dikembangkan melalui BUMDes.

Harapannya tiap Kecamatan ada satu Desa percontohan untuk usaha penggemukan sapi, agar peternakan di Kabupaten Blora bisa lebih berkualitas. Apalagi jumlah ternak sapi di Blora saat ini mencapai 260 ribu ekor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Entri yang Diunggulkan

Cek Keruhnya Air PDAM Di Cepu

Berdasarkan laporan masyarakat yang masuk tentang keruhnya air PDAM di wilayah Cepu, Selasa (11/06) saya mengajak Direktur PDAM, Kepal...