Serunya Keliling Kebun sambil Panen Durian di Nglawungan Blora

Mas Arief /

PETIK LANGSUNG: Wakil Bupati Blora Arief Rohman (kiri) memetik durian langsung dari pohon, saat berkunjung ke Kampung Durian Nglawungan, Kecamatan Tunjungan. (SUBEKAN/RADAR KUDUS)

BLORA, Radar Kudus – Ada yang beda di Kampung Durian Nglawungan, Kecamatan Tunjungan. Agrowisata itu dilengkapi dengan jogging track. Pengunjung bisa keliling kebun durian. Lalu, menyantap durian yang saat ini juga sedang musim panen.

Hal itu pula yang dilakukan Wakil Bupati Blora Arief Rohman saat mengunjungi agrowisata tersebut. Menurutnya, rasa durian di kebun itu tak kalah dengan daerah lain. Legit, manis, dan segar.

”Pak Dandim yang asli Pati juga merasa senang dengan durian Blora. Enak banget. Meskipun ukurannya kecil tapi rasanya nendang,” ucapnya.

Kebun seluas dua hektare lebih ini, telah digarap menjadi kawasan wisata oleh pemerintah desa setempat. Yaitu bekerja sama dengan karang taruna. Sehingga sejak tahun lalu dibuka untuk umum. Tingkat kunjungannya semakin meningkat ketika musim panen tiba.

Bagi pengunjung Kampung Durian ini, masyarakat bisa melakukan berkeliling kebun buah diantara rimbunnya pohon durian. Ada jogging track yang disediakan. Setelah puas  keliling, pengunjung bisa menikmati durian di beberapa pondok. Lokasinya berada di tengah kebun durian.

Untuk menuju lokasi Kampung Durian, pengunjung cukup menempuh jarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat Kota Blora. Melalui Jalan Raya Blora-Purwodadi, tepat di Perempatan Maguan belok ke kanan (utara) sejauh delapan kilometer arah Tunjungan. Sesampainya di Pertigaan Pasar Desa Tunjungan, pengunjung belok kiri (arah barat) sejauh dua kilometer. Kemudian akan disambut gapura Kampung Durian Nglawungan.

Kondisi jalan menuju lokasi tersebut sebagian sudah rabat beton, sebagian aspal hotmix. Dan masih ada yang bergelombang. Pemerintah Kabupaten Blora berkomitmen untuk menuntaskan perbaikan jalan itu. Agar akses menuju kawasan wisata Kampung Durian dan sekitarnya semakin baik.

”Kita berharap teman-teman dari DPRD yang hadir ini, juga bisa ikut mengawal agar pembangunan jalan rabat betonnya bisa tuntas tahun depan. Dari Maguan sampai Tunjungan. Guna mendukung pengembangan sektor pariwisata kita,” tambahnya.

Kepala Desa Tunjungan Yasir menyambut positif dukungan Pemkab Blora, untuk pengembangan wisata tersebut. Menurutnya pihak desa terus mematangkan konsep wisata kampung durian ini bersama para karang taruna dan pemilik kebun.

”Pasalnya tidak hanya ada Kampung Durian. Di desa kami juga ada Kebun Buah Greneng di Dukuh Klapanan. Kemudian daya tarik wisata Cemoro Pitu dan wisata alam Waduk Greneng. Jadi kalau ke Tunjungan tidak hanya makan durian saja, namun juga bisa berwisata ke lokasi lainnya,” terang Yasir.

28 Desember 2019, 13: 19: 12 WIB | editor : Ali Mustofa
(ks/sub/lid/top/JPR)
link berita: https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/12/28/172167/serunya-keliling-kebun-sambil-panen-durian-di-nglawungan-blora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Entri yang Diunggulkan

Cek Keruhnya Air PDAM Di Cepu

Berdasarkan laporan masyarakat yang masuk tentang keruhnya air PDAM di wilayah Cepu, Selasa (11/06) saya mengajak Direktur PDAM, Kepal...