Wakil Bupati : Kerjasama Antar Umat Beragama di Kabupaten Blora Telah Berjalan Baik

Mas Arief /

* Umat Kristiani merayakan natal dengan khidmat dan lancar

Blora-Ribuan umat Katolik mengikuti Misa malam Natal 2019 di Gereja Santo Pius X di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Selasa (24/12/2019).

Misa malam Natal 2019 dimulai pukul 19.00 WIB dipimpin oleh Pastur Kepala Paroki Romo Agustinus Eko Wiyono dan Romo Stevanus Darno.

“Misa malam Natal ini diikuti lebih kurang 1200 umat Katolik di Blora. Adapun tema yang diangkat yaitu Hiduplah Sebagai Sahabat Semua Orang (Yoh 15 : 14-15) ," kata Indarjo, salah satu panitia dan tokoh umat Katolik setempat.

Sebelum misa malam Natal dimulai digelar Christmas Cherol atau pujian oleh Orang Muda Katolik dan (OMK) dan remaja asrama asal Papua.

“Kapolres Blora bersama istri juga mengikuti Misa malam Natal 2019 bersama umat Katolik lainnya di gereja ini,” ucapnya.

Beberapa doa yang disampaikan pada Misa malam Natal 2019, di antaranya doa umat, doa persiapan persembahan dan doa damai.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Ignatius Ary Susanto yang juga pengurus gereja setempat tampak memainkan alat musik organ mengiringi kelompok paduan suara di tempat ibadah yang dikenal masyarakat Blora dengan sebutan gereja kapal.

Rangkaian acara dan doa Misa malam Natal berlangsung khidmat dengan penjagaan ketat oleh aparat kepolisian Polres Blora, TNI, Sat Pol PP dan petugas keamanan gereja Katolik Santo Pius X.

Setelah prosesi Misa malam Natal berlangsung, Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho hadir menyapa ribuan umat Katolik dari podium.

Kehadirannya disambut oleh Pastur Kepala Paroki Romo Agustinus Eko Wiyono dan Romo Stevanus Darno serta tokoh Katolik setempat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si mengajak terus menjaga persatuan dan kesatuan sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang besar dalam berhadapan serta membangun persaudaraan dan kemanusiaan.

“Mari bersama-sama mengedepankan sikap saling menghargai satu dengan yang lain serta menyatukan sikap untuk mewujudkan Blora dan Indonesia yang aman, damai, makmur dan berkeadilan,” ujarnya.

Meskipun kita berberda suku dan agama, menurut Wabup, kita sebagai bangsa yang terdiri dari ratusan suku, sekian agama, beragam budaya, kita harus saling bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945.

“Tadi di belakang saya bisik-bisik dengan Romo, bahwasanya kerjasama antar umat beragama ini di Kabupaten Blora telah berjalan dengan baik. Kebetulan juga kita ingin bersinergi terutama generasi mudanya,” terangnya.

Wabup mengapresiasi peran Orang Muda Katolik yang dinilai peduli lingkungan dengan mengumpulkan botol minuman habis pakai untuk dibuat pohon Natal serta mengapresiasi kreativitas membuat dan mengembangkan aneka tanaman hidroponik.

“Kami dari Pemkab Blora akan siap mendukung program bersama kita untuk mewujudkan Blora kedepan yang lebih baik,” ungkapnya.

Dalam momen Natal yang berbahagia ini, kata Wabup, kita ingatkan dan menjadi saran bagi kita untuk merefleksikan diri dan bercermin sebagai sebuah bangsa dalam mengimplementasikan rasa cinta kasih kepada sesama anak bangsa.

“Semoga Natal tahun ini, menjadikan Natal yang penuh damai. Dan membawa kedamaian untuk bangsa kita ini. Selamat merayakan Natal, semoga Tuhan memberkati,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama ketua panitia Natal gereja Santo Pius X Blora Theresia Tri Widyaningsih menjelaskan ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakasanakan hingga nanti Tahun Baru 2019.

Yaitu, bakti sosial pengejokan becak, Sabtu (7/12/2019), pengakuan dosa, Senin (9/12/2019), kunjungan lansia yang sakit, Sabtu (21/12/2019).

Kemudian, lomba mozaik bagi anak usia BIAK, Minggu (22/12/2019), kerja bakti persiapan Natal pukul 08.00 dan pelaksanaan Misa malam Natal pukul 19.00, Selasa (24/12/2019).

Misa Natal pagi dilanjutkan Pesta Anak, Rabu (25/12/2019), pesta keluarga Kudus, Minggu (29/12/2019), misa menjelang pergantian tahun, Senin (31/12/2019).

Selanjutnya, hari raya Maria Bunda Allah, Rabu (1/1/2020), hari raya penampakan Tuhan dilanjutkan aksi donor darah, Minggu (5/1/2020).

Di luar tempat ibadah, nampak karangan bunga dari Bupati Blora Djoko Nugroho dan Wakil Bupati H. Arief Rohman, M.Si berisi ucapan Selamat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dipajang bersama ucapan lainnya. Sedangkan pernik pohon Natal di gereja setempat menjadikan nuansa lebih religius bagi umat Katolik.

Selain itu, tim relawan dari PMI Blora juga siaga di tenda yang telah disediakan guna mengantisipasi jika ada yang membutuhkan pertolongan kesehatan. Sedangkan petugas pospam Polisi juga siap siaga menjaga keamanan.

Kepala Kankemenag Blora, Suhadi menyampaikan bahwa Kemenag mengucapkan selamat merayakan hari natal semoga memberikan kesejahteraan bagi para pengikutnya dan terjalin kerukunan antar umat beragama. (ima/rf)

link berita
https://jateng.kemenag.go.id/warta/berita/detail/wakil-bupati-kerjasama-antar-umat-beragama-di-kabupaten-blora-telah-berjalan-baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Entri yang Diunggulkan

Cek Keruhnya Air PDAM Di Cepu

Berdasarkan laporan masyarakat yang masuk tentang keruhnya air PDAM di wilayah Cepu, Selasa (11/06) saya mengajak Direktur PDAM, Kepal...