Sukses Turunkan Stunting, Bupati dan Ketua TP PKK Blora Diganjar Manggala Karya Kencana 2023

 

PELECUT SEMANGAT: Bupati Blora Arief Rohman dan Ketua TP PKK Blora Ainia Sholichah foto bersama dengan penghargaan Lencana Manggala Karya Kencana (MKK) dari BKKBN RI kemarin malam. (PEMKAB BLORA FOR RADAR KUDUS)

BLORA – Bupati Blora Arief Rohman bersama Ketua TP PKK Blora Ainia Sholichah menerima penghargaan Lencana Manggala Karya Kencana (MKK) dari BKKBN kemarin malam. Sebab, Blora termasuk daerah yang berupaya menekan stunting dengan baik.

Penerimaan penghargaan ini, saat rangkaian kegiatan Puncak Harus Keluarga Nasional (Harganas) 2023. Penghargaan diserahkan Kepala BKKBN RI dr Hasto Wardoyo dalam Gala Dinner di Griya Agung Istana Gubernur Sumatera Selatan di Palembang. Hasto Wardoyo menyampaikan, penghargaan MKK ini sebagai wujud apresiasi dan ucapan terima kasih kepada kepala daerah dan stakeholder atas upayanya dalam pembangunan keluarga sehat berkualitas.

Penghargaan ini melalui proses penilaian panjang. Mereka berhak mendapatkan penghargaan atas prestasi dan komitmen serta kepemimpinan kepala daerah dan stakeholder dalam menggerakkan program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana. Termasuk percepatan penurunan stunting untuk terwujudnya keluarga berkualitas, Bahagia, dan sejahtera.

”Blora masuk daerah yang upayanya berjalan baik dalam menekan stunting hingga program Bangga Kencana KB," ucap dr. Hasto Wardoyo.

Hasto mengungkapkan, pembangunan keluarga berkualitas menjadi aspek penting dalam pembangunan SDM Indonesia. Jadi, harus menjadi prioritas dari pusat hingga daerah. Meski begitu, masih banyak pemerintah daerah yang dianggap hanya fokus pembangunan fisik dan pembangunan yang kasat mata. Untuk itu, dia mengajak seluruh kepala daerah untuk memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia (SDM), dimulai dari keluarga. Baik kesehatan, pendidikan, serta aspek-aspek lain.

”Akan percuma jika infrastruktur bagus, tapi SDM-nya rendah, stunting, sakit-sakitan, dan lain-lain. Sayangnya pembangunan SDM ini, hasilnya tidak langsung bisa dilihat mata. Jadi banyak yang kurang memprioritaskan," terangnya.

Sementara itu, Bupati Arief Rohman didampingi Ketua TP PKK Blora Ainia Sholichah menyampaikan terima kasih kepada BKKBN yang telah memberikan penghargaan untuk Kabupaten Blora. Penghargaan itu akan dijadikan pelecut semangat untuk lebih baik lagi dalam memprioritaskan pembangunan SDM, penurunan stunting, dan prioritas lain menuju keluarga bahagia berkualitas.

”Terima kasih Pak Hasto dan jajaran. Penghargaan yang kami terima bersama Ibu Ketua TP PKK ini, hasil kerja keras seluruh tim OPD (organisasi perangkat daerah). Mulai Dalduk KB, Dinas Kesehatan, PKK Blora, Disdik, Dinsos P3A, DP4, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), Bappeda, Forum GenRe, dan stakeholder lain. Terima kasih atas dedikasinya. Semangat ’Sesarengan mBangun SDM Blora Berkelanjutan’," ucap Arief.

Selain dari bidang KB dan penurunan stunting yang terus digenjot, bupati juga getol menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi untuk membangun sinergi beasiswa pendidikan tinggi bagi pelajar Blora. ”Langkah-langkah itu diharapkan menjadi upaya SDM Blora memeroleh pendidikan berkualitas,” harapnya. (cha/lin)

Editor: Ali Mustofa

sumber: https://radarkudus.jawapos.com/blora/691735490/sukses-turunkan-stunting-bupati-dan-ketua-tp-pkk-blora-diganjar-manggala-karya-kencana-2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar